Rabu, 05 Oktober 2011

Alat Alat Listrik

saklar

Saklar
Saklar dalah alat elektronika yang sering sekali kita temui, saklar ini fungsinya untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik dalam suatu rangkaian listrik. Dalam bahasa inggris saklar disebut dengan switch. Kita sering menemukan saklar saat kita mau menyalakan atau mematikan lampu.
Namun, sebenarnya fungsi dari saklar ada banyak, dan yang paling banyak digunakan adalah :
1.       Saklar tunggal, dan
2.       Saklar ganda
Saklar tunggal dipakai untuk menghubungkan atau memutuskan listrik secara bergantian. Saklar ganda berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan salah satu dari 2 arus listrik secara bergantiann.




STOP KONTAK        
                Stop kontak merupakan komponen listrik yang berfungsi sebagai muara hubungan antara sumber listrik dan alat listrik.Untuk menghubungkan keduanya diperlukan sebuah kabel dan steker atau colokan yang nantinya dihubungkan atau ditancapkan pada stop kontak.

                Berdasarkan fungsinya stop kontak dibedakan menjadi dua yaitu:
-stop kontak kecil, merupakan stop kontak dengan dua lubang kecil yang berfungsi menyalurkan daya listrik bertenaga rendah.
-stop kontak besar, merupakan stop kontak dengan dua lubang yang dilengkapi lempeng logam yang berfungsi sebagai ground,saklar jenis ini berfungsi menyalurkan listrik untuk dayayang lebih besar.
               
               Berdasarkan pemasanganya stop kontak dibedakan menjadi dua yaitu:
-stop kontak in bow:stop kontak ini dipasang dalam tembok yang bersifat permanen sehingga tidak bisa dipindah.
-stop kontak out bow:stop kontak ini dipasang atau diletakan diluar tembok.


STEKER


.               Steker atau kita biasa menyebutnya colokan yang berbahan dua logam merupakan alat listrik yang berfungsi menghubungkan alat listrik dan sumber listrik yang ditancapkan kedalam stop kontak sehingga alat tersebut bisa digunakan.Untuk keamanan pemakaian steker harus sesuai dengan daya alat listrik yang dipakai jika tidak steker bisa panas dan terbakar.
                
                 Berdasarkan bentuk dan fungsinya steker dibedakan menjadi dua yaitu:
-steker kecil, merupakan steker yang digunakan untuk peralatan listrik yang bedaya rendah atau kecil
-steker besar, merupakan steker yang digunakan untuk peralatan listrik yang berdaya besar,seker jenis ini dilengkapi lempeng logam untuk kanal ground yang berfungsi sebagai pengaman misal lemari es mesin cuci dan lainya.









BARGAINSER (METERAN LISTRIK)

Alat ini terpasang di tiap rumah yang berlangganan listrik PLN. Bagian ini adalah batas antara PLN dan pelanggan. Lepas dari ini adalah tanggung jawab pelanggan. Bargainser adalah masih tanggung jawab PLN. Jadi alat ini milik PLN dan disegel oleh PLN. Hanya petugas resmi dari PLN yang berhak membuka bargainser ini. Saat membuka biasanya segel dirusak dan kemudian dipasang segel baru sesudah ditutup kembali. Karena itu bila terjadi masalah dengan bagian ini, segera panggil petugas PLN.
Posisi pemasangan di bagian depan dari rumah untuk memudahkan pencatatan pemakaian listrik oleh petugas PLN. Terdapat juga informasi mengenai ID pelanggan (No. kontrak pelanggan) di bargainser ini.
Bila ada rumah yang menggunakan listrik tetapi tidak ada bargainser terpasang, bisa jadi rumah tersebut menggunakan pembangkit listrik sendiri (genset), disuplai dari rumah lainnya atau pemakaian illegal (kami yakin kesadaran masyarakat kita sudah sangat bagus untuk selalu menggunakan pemakaian legal).
Fungsi-fungsi dari bargainser adalah :
  • Pembatas daya yang digunakan oleh pelanggan (sesuai dengan kontrak pemasangan)
  • Mencatat daya yang dipakai oleh konsumen. Karena itu ada yang menyebutnya “kWh Meter” atau “Meteran Listrik” (kWh : kilowatt hour)
  • Saklar utama pemutus aliran listrik bila terjadi kelebihan pemakaian daya oleh pelanggan, adanya gangguan hubung singkat dalam instalasi listrik rumah pelanggan atau sengaja dimatikan untuk keperluan perbaikan instalasi listrik rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar